Translate

4 Cara Lelaki Hadapi Kesedihan

20101001
Dhikamahanur.blogspot.com - Setiap lelaki memiliki cara tersendiri dalam menghadapi kesedihan. Meski pun penampilan luarnya menunjukkan kesan tangguh, lelaki juga bisa dilanda rasa sedih, kecewa, sampai patah hati.

Hanya saja, dibandingkan perempuan, mereka lebih jago menyembunyikan perasaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan lelaki dalam menghadapi kesedihan, yang mampu mengungkap banyak hal tentang karakternya:

Bersedih diam-diam
Sejak kecil, lelaki umumnya diajarkan tidak boleh menangis. Akibatnya, mereka kerap menyembunyikan emosi, termasuk perasaan bahagia seperti cinta, bahkan di hadapan kekasihnya. Sejumlah perasaan yang menurut mereka paling pantas untuk ditunjukkan, menurut William Juli, Ph.D., penulis buku Understanding the Tin Man, adalah amarah dan gairah seksual.

Lelaki jenis ini membutuhkan dukungan dan kasih sayang Anda untuk mencairkan kekakuannya. Sebab, jauh di dalam hati dia sebenarnya sensitif. Jika Anda melihat si dia mendadak lebih diam dari biasanya, coba tanyakan apa yang tidak beres di tempat kerja. Meski hal itu ternyata bukan masalah sebenarnya, umpan yang Anda lempar sudah cukup untuk memancingnya lebih terbuka membicarakan isu yang memberatkan hatinya.

Tapi, jangan berharap bisa membuatnya lebih terbuka membicarakan perasaan dalam semalam. Namun, semakin besar rasa percayanya terhadap Anda, akan semakin mudah baginya untuk mengungkapkan perasaan. Lelaki jenis ini biasanya memiliki kebutuhan untuk membuat orang lain terkesan, sehingga berusaha menyembunyikan emosi yang dianggapnya sebagai kelemahan.

Sekeras baja
Lelaki yang selalu tabah dan terkesan sekuat baja, selalu lebih mementingkan perasaan pasangannya. Dia ingin terlihat tangguh dan jantan, sehingga hal terpenting baginya adalah melindungi dan membuat Anda merasa aman di sampingnya.

Karena lelaki jenis ini merasa sangat tidak nyaman menunjukkan emosinya, menurut Scott Kudia, Ph.D, penulis buku If This Is Love, Why Am I Unhappy?, jangan harap Anda akan menjumpai drama. Dia akan selalu berusaha mengatasi setiap persoalan dengan tenang. Kekurangannya, dia mungkin memiliki masalah memperlihatkan emosi terdalam, baik secara fisik mau pun verbal.

Frustrasi
Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapannya, lelaki jenis ini akan tenggelam dalam rasa frustrasi. Tapi, menurut psikolog George Weinberg, Ph.D, penulis buku Why Men Won't Commit, jangan salah mengartikan air matanya dengan perasaan sensitif.

''Dia tidak pernah belajar mengekspresikan dirinya dengan cara lain. Jadi, dia menghadapinya dengan menangis, yang menjadi cara tubuh untuk membersihkan racun emosi.''

Cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan mengabaikan air matanya, namun berusaha memahami perasaannya.

Terbuka
Jika seorang lelaki tidak malu menitikkan air mata dalam menghadapi situasi yang sangat emosional, atau bahkan saat menonton film menyedihkan, maka Anda tahu bahwa dia patut dipertahankan. Menurut Kudia, lelaki macam ini merupakan tipe yang sangat seimbang, dan merasa nyaman menunjukkan emosi sebagai bagian dari sisi maskulinitasnya.

Sumber : MediaIndonesia

2 komentar:

Unknown mengatakan... 6 Oktober 2010 pukul 18.50

Wah ternyata sepertio itu ya cara Laki-laki menghadapi kesedihan, Kalau saya mah Blogging aja terusss.. Ilang dah pasti sedih nya !!!

Hehehe (*.*)

I'm → Botzzz mengatakan... 24 November 2010 pukul 06.53

nice share......
salam knl ya....
jika berkenan silahkan mampir balik....

Posting Komentar

 

© 2010 AHMAD NOVEL HAFIDZ - Design Google Blogs - Template N2y Sedikit Mirip By Nano Yulianto